Senin, 17 Oktober 2011
Keistimewaan Toko Online Menggunakan Virtuemart

Bila belum tahu bahasa pemrograman web tak perlu takut dan ragu untuk  mendirikan toko online. Ada cms instan yang pas untuk semua orang yaitu Joomla! dan Virtuemart. Keduanya bisa diinstal sekaligus dengan cepat. Bagaimana persiapan, cara perawatan, dan langkahnya, berikut tanya jawab dengan Sudarma S, yang baru saja merilis buku Cara Cepat dan Mudah Membuat Toko Online.
ImageBila belum tahu bahasa pemrograman web tak perlu takut dan ragu untuk  mendirikan toko online. Ada cms instan yang pas untuk semua orang yaitu Joomla! dan Virtuemart. Keduanya bisa diinstal sekaligus dengan cepat. Bagaimana persiapan, cara perawatan, dan langkahnya, berikut tanya jawab dengan Sudarma S, yang baru saja merilis buku Cara Cepat dan Mudah Membuat Toko Online.

Apa yang istimewa dari Virtuemart sebagai fitur pengelola toko online?

Virtuemart cocok untuk toko online dengan barang yang dijual sangat beragam.

Pengelolaannya yang lebih mudah dan bisa di update kapan saja. Misalkan, mengubah harga, diskon, foto produk, dan lain-lain.

Bisa melihat laporan penjualan berdasarkan rantang waktu yang bisa kita pilih.

Berapa space dan bandwith yang diperlukan untuk membuat toko online?

Kalau hanya untuk menginstal, 50MB sudah cukup. Namun, karena akan banyak file gambar yang dimasukkan, tentu saja harus menyewa kapasitas yang lebih besar atau mengecilkan ukuran gambar.

Bagaimana cara mengubah bahasa dalam Virtuemart?
Dalam Virtuemart, tidak ada pilihan mengubah bahasa. Bahasa bisa diubah pada Joomla!.
Agar toko online yang kita rancang bisa cepat didirikan, apa saja yang harus kita persiapkan?

Menginstal toko online tidak akan lebih dari 5 menit. Yang agak lama tentu saja memodifikasi isinya. Kalau mau cepat, materi produk termasuk review tentang produk tersebut harus sudah disiapkan.

Bagaimana prospek perkembangan toko online menggunakan Virtuemart?

Virtuemart selalu melakukan update yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tentu saja kemudahan. Kita bisa update toko online kita ketika Virtuemart menyediakan versi terbaru.

Kalau masalah prospek bisnis di internet, tentu saja sangat luas. Toko kita bisa dilihat semua orang di seluruh dunia. Tentu saja, kita sendiri yang menentukan pasar. Apakah hanya dalam negeri atau mau melayani luar negeri juga.

Bagaimana cara merawat toko online menggunakan Virtuemart? 

Punya toko online, harus siap melek 7 x 24 jam. Ya, karena yang beli barang bisa kapan saja, termasuk malam hari ketika kita tertidur pulas. Karakter konsumen juga bisa beragam. Ada yang minta dilayani segera, ada juga yang bersedia menunggu.

Hal-hal seperti itu harus kita biasakan. Kecuali di toko online Anda memberikan informasi, bahwa semua transaksi, termasuk layanan keluhan, dikasih waktu yang Anda tentukan.
Untuk memberikan pelayanan terbaik, tentu saja kita harus mengupdate setiap saat ketika diperlukan. Untuk update stok, Virtuemart melakukan pengurangan stok setiap ada barang yang terjual. Biasanya update dilakukan pada harga atau diskon. Kita bisa langsung masuk ke halaman admin untuk mengubah informasi produk yang kita jual.

Selama tersambung ke internet, mengupdate/merawat toko, bisa dilakukan kapan saja. Jangan lupa, periksa juga kapasitas bandwidth dan hosting. Kalau kapasitasnya semakin sedikit, segeralah upgrade. Jangan menunggu toko online tidak bisa diakses calon pembeli. Sedetik saja toko online tidak bisa diakses, Anda bisa kehilangan banyak kesempatan menjual produk. Ingat, yang mengakses toko online adalah semua orang di seluruh dunia. Kecuali kalau Anda tidak melakukan promosi.

contoh toko online yang pernah saya buat Toko Elektronik

0 koment:

Posting Komentar

 

© 2010 . - Design Google Blogs - Powered By Rias Indah Purwatiningsih